Sabtu, 01 November 2014

Pengalaman Mengikuti Sekolah Pasar Modal 2014

Pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai pentingnya investasi bagi kita dan jenis-jenis investasi. Mulai dari saham, obligasi, reksadana, emas, maupun deposito. Nahh mungkin sebagian para pembaca yang sudah melihat banyaknya manfaat dari investasi berminat untuk menambah wawasannya tentang investasi, salah satu alternatifnya bisa mengikuti sekolah pasar modal yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia.


Apa itu sekolah pasar modal?


Sekolah pasar modal adalah semacam suatu seminar yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal maupun juga investasi.
Sekolah pasar modal ini dibagi menjadi 2 level dan 2 jenis (sekolah pasar modal regular dan sekolah pasar modal syariah). Di bawah akan saya jelaskan lebih lengkap tentang kedua level dan jenis SPMnya.

1. Sekolah Pasar Modal Level 1

    Saya mengikuti sekolah pasar modal ini di sekitaran bulan Juni 2014, kala itu saya memiliki banyak waktu luang setelah sudah melaksanakan ujian nasional. Sebenarnya saya tidak mengetahui adanya SPM ini, namun setelah saya membaca sebuah berita tentang SPM ini dan ternyata itu gratis (maklum lahh orang Indonesia senengnya yang gratisan :D) akhirnya pun saya mencari lebih dalam tentang sekolah pasar modal yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia. Lalu karena saya tertarik, akhirnya saya mendaftar untuk menjadi peserta sekolah pasar modal ini. Untuk cara mendaftar di sekolah pasar modal ini cukup mudah, dengan membuka situs pendaftaran sekolah pasar modal di sini dan setelah itu cari kolom pendaftaran. Kita akan mengisi biodata diri kita, setelah selesai kita dapat mengunduh formulir yang digunakan sebagai tiket masuk di ruang sekolah pasar modal. Untuk tempat sekolah pasar modal sendiri diadakan di gedung Bursa Efek Indonesia, tower 2 di lantai 1.

Di SPM level 1 ini di jam pertama saya disuguhkan tentang cuplikan video yang berisikan sejarah dari Bursa Efek Indonesia, mulai dari jaman Belanda hingga saat ini, setelah pengenalan bursa efek dilanjutkan dengan pembicara yang menyampaikan kepada para peserta SPM betapa pentingnya investasi itu, terutama investasi di pasar modal, selain itu sang pembicara juga menyampaikan tentang tujuan investasi (bisa untuk biaya pendidikan, pensiun, jangka pendek, menengah, dan panjang) dan prinsip-prinsip berinvestasi di pasar modal (misal: pergunakan dana lebih, disiplin dalam melakukan target investasi baik profit maupun cut loss, dan don't put your eggs in one basket yang berarti jangan taruh uang anda di satu instrumen investasi saja). Sang pembicara juga menjabarkan efek (surat berharga) yang diperdagangkan di bursa (contoh: saham, obligasi, sukuk, efek derivatif, exchange traded funds.)

Selanjutnya kita diarahkan kepada mekanisme perdagangan di lantai bursa. Diantaranya adalah transaksi dilakukan melalui JATS-Next G (Jakarta Automated Trading System Next Generation), Anggota Bursa mengenakan biaya transaksi untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh investor.
Setelah itu akan dibahas jam perdagangan di lantai bursa. Jadwal perdagangan sendiri terbagi menjadi 2 sesi, sesi 1 dan 2. Untuk hari :
     Senin-Kamis : 09.00-12.00 JATS Time (Sesi 1). 13.30-15.49 JATS Time (Sesi 2)
            Jumat     : 09.00-11.30 JATS Time (Sesi 1). 14.00-15.49 JATS Time (Sesi 2)

Sehabis materi mekanisme perdagangan, seminar dilanjutkan dengan mekanisme menjadi perusahaan tercatat. Di materi ini hanyalah sebagai penambah wawasan bagi para peserta, karena di materi ini hanya dijelaskan tahap-tahap bagaimana suatu perusahaan untuks listing di lantai bursa.

Dan di materi terakhir, yang diisi pembicara dari pihak KSEI yang akan mengupas tentang AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas). Ada banyak manfaat dari fasilitas AKSes yang saya kutip dari buku SPM ini, yakni:
- Meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di Pasar Modal Indonesia
- Memberikan transparasi kepada investor untuk membangun lingkungan berinvestasi yang aman dan nyaman.
- Mendukung dan memperkuat fungsi dan mekanisme pengawasan oleh otoritas pasar modal terhadap pelaku pasar dengan memungkinkan investor secara langsung memonitor kepemilikan efeknya.
- Menjadi sistem pencegahan dan sistem peringatan dini terjadinya pelanggaran di Pasar Modal Indonesia
- Sebagai pondasi pengembangan Straight Through Processing Pasar Modal Indonesia.

Selepas istirahat (kebetulan mendapatkan makanan gratis :D), pembicara di seminar pasar modal dialihkan ke Panin Sekuritas, dari pihak Panin Sekuritas sendiri akan menjelaskan bagaimana harga saham terbentuk dengan menggunakan fasilitas online trading yang dimiliki oleh Panin Sekuritas. Misalnya dari memulai offer/bid suatu saham beserta jumlah lot dan harga. Apa yang ditunjukan oleh Panin Sekuritas sendiri merupakan mekanisme jual beli saham yang dilakukan setiap investor sehari-harinya. Dan pada akhir acara, Panin Sekuritas menawarkan kepada para peserta sekolah pasar modal untuk membuka akun di Panin dengan harga yang terjangkau (sekitar 500 ribu kalau tidak salah) dan ketika sudah membuat akun di Panin, para peserta bisa mengikuti sekolah pasar modal level 2 (yang memang dikhususkan oleh para peserta syang sudah menjadi investor). Awalnya saya berniat untuk mendaftarkian diri di Panin Sekuritas, namun saya masih belum meminta pertimbangan orang tua dan uang yang saya juga tidak membawa syarat-syarat untuk membuka akun  rekening efek di Panin Sekuritas.

Jadi, dalam sekolah pasar modal level 1 masih dibahas mengenai pengenalan pasar modal dan mekanisme perdagangan di bursa. Menurut saya materi di dalam sekolah pasar modal level 1 ini tidak terlalu berat dan mudah untuk dimengerti..
Okee,, setelah saya membahas sekolah pasar modal level 1, kita akan lanjut ke sekolah pasar modal level 2..

2. Sekolah Pasar Modal Level 2

Sebenarnya untuk SPM level 2 ini diadakan sehari setelah SPM level 1. Namun karena saya belumlah menjadi seorang invesor di pasar modal, maka saya harus menunda keinginan untuk mengikuti SPM level 2. Nahh, selang sebulan kemudian, saya sudah mendaftarkan diri di Mansek (Mandiri Sekuritas), jadi setelah saya sudah membuat rekening efek di Mansek, maka saya putuskan untuk mengikuti SPM level 2 yang materinya lebih advance menurut pembicara dari pihak BEI jika dibandingkan dengan SPM level 1.

Dan.. benar saja bahwa materi di SPM level 2 lebih mumet daripada SPM level 1. Di dalam SPM level 2 ini dibahas 4 bab, yaitu:
- Efek derivatif di Bursa Efek Indonesia
- Exchange Traded Fund (ETF)
- Efek pendapatan tetap di Bursa Efek Indonesia
- Pengenalan Pasar Modal Syariah

Saya tidak membahas terlalu dalam mengenai materi di SPM level 2 ini. Sejujurnya agak memusingkan buat saya karena waktu mengikuti SPM level 2 saya baru sekitar 1 minggu sejak saya membuka rekening efek di Mansek. Mungkin hanya pasar modal syariah yang menjadi materi awal di SPM level 2 yang masih bisa dimengerti...

Kesimpulan

Pihak Bursa Efek Indonesia sendiri ingin jumlah investor di pasar modal terus meningkat, menurut pembicara dari BEI bahwa jumlah investor di pasar modal Indonesia hanya 0,1% dari total penduduk Indonesia. Ini sangat kontras dengan Malaysia yang presentase jumlah investor di pasar modalnya mencapai 12% dan Singapura yang menembus 30%.  Tentu jumlah investor di pasar modal masih sangat sedikit jumlahnya. Padahal keuntungan terjun di pasar modal ada banyak, baik dari sisi investor maupun para emiten yang mencatatkan diri di lantai bursa. Jika untuk para investor, pasar modal dapat dijadikan sebuah instrumen investasi jangka menengah hingga panjang maupun juga sebagai trader. Dan di pihak perusahaan yang listing di lantai bursa bisa mendapatkan dana dari masyarakat yang terjun di lantai bursa. 
Sekolah pasar modal ini merupakan sebagai wahana bagi para masyarakat umum untuk menambah wawasannya tentang dunia pasar modal itu sendiri, dan untuk sebagai kuda-kuda menyiapkan diri untuk terjun di pasar modal. Sekolah pasar modal sendiri ini tidak dipungut biaya, dan syarat untuk menjadi peserta pasar modal untuk level 1 hanyalah kartu tanda penduduk dan untuk SPM level 2 sudah memiliki bukti transaksi efek. Sudah gratis, para peserta akan mendapatkan makan siang dan juga selang beberapa bulan setelah mengikuti sekolah pasar modal akan mendapatkan sertifikat dari bursa efek yang menandakan bahwa para peserta sudah mengikuti sekolah pasar modal.
Sertifikat dan buku yang saya dapat ketika SPM

Selain mengadakan sekolah pasar modal, usaha Bursa Efek Indonesia untuk mensosialisasikan pasar modal kepada masyarakat yakni dengan mengadakan olimpiade tingkat SMA sederajat mengenai pasar modal, dibukanya pojok bursa di beberapa universitas hingga virtual game pasar modal tingkat universitas. Semoga apa yang diusahakan oleh pihak BEI dan lembaga yang berkaitan dapat menambah kualitas dan kuantitas investor dari Indonesia. Karena, jika perekonomian suatu negara itu maju, maka bank dan pasar modal di negara tersebut juga harus tumbuh besar..
Jadi, tunggu apalagi untuk terjun di dunia pasar modal?!!


14 komentar:

  1. Pagi kak felix... ane pengen ikut spm lvl 1 nih, karena bnyk wktu luang sehabis UN. Boleh gk kalo sblm ikt spm, ane nanya" sma kak felix dulu

    BalasHapus
  2. mas felix.

    saya kan masih mahasiswa yah. kata mas pembukaan akun panin 500 rb.
    yang saya mau tanya pembukaan akun itu langsung di tempat atau bagaimana ?
    terus mas kan buat akun di mandiri, jumlah yang harus di stor disana kurang dari 1 juta atau lebih

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Heldi, untuk pembukaan akun saham biasanya ada golongan mahasiswa dan umum tetapi tergantung dari masing2 sekuritas yg bersangkutan.

      Untuk pembukaan akun untuk pertama kali, mas Held harus datang langsung ke kantor sekuritas yg ingin mas Heldi tuju. Tapi baru2 ini ada sekuritas yg membuka sistem online untuk pembukaan akun saham (silahkan googling sekuritas yg dimaksud).

      Untuk di Mansek, mahasiswa min. 3 jt dan umum 5 jt (tahun2014). Tetapi jika dirasa tinggi, mas bisa ikut saja SPM di IDX. Soalnya sekuritas yg jd sponsorbiasanya ngasih kemudahan (soal budget awal terutama) yg hanya sekitar 100rb saja. Tinggal bawa fc ktp, tabungan dan uang sebesar yg diminta sekuritas tsb.

      Ada pertanyaan lqgi mas HeldI? Hehehe

      Hapus
  3. mas dari ikut ini mas dapet apa? dapatkah efek dari ikut SPM ini misalnya uang tabungan bertambah gitu heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapet sertifikat, modul dan makan siang gratis 😁. Untuk tabungan tidak ada. Kalau utk tahun ini saya kurang tau. Ketika saya mau daftar yg syariah diharuskan deposit uang 100rb sbg saldo pembuka rekening efek. Dan itu sudah bisa jual beli saham.

      Dicoba saja mbak langsung untuk ikut di idx. Kalau sudah niat investasi pasti worth it kok hehehe

      Hapus
  4. mas apakah denga ikut yang SPM level 1 ini sudah mendapatkan keuntungan dari segi materi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materi apa yg mba maksud? Kalau memang benar2 dari 0 tentu sangat membantu sekali materi yg diberikan dari IDX.

      Tetapi 1 hal yg penting, belajar bisa dimana saja. Kalau mbak pengen belajar lebih dalam investasi, SPM ini bisa diibaratkan pintu gerbangnya. Kemudian, mbak sendirilah yg mencari pengetahuan dari sumber2 lain.

      Tetapkan niat dahulu apakah siap belajar hal menyenangkan ini atau belum.

      Hapus
  5. sesudah mengikuti SPM Level II apa selanjutnya langkah yg akan Dilakukan?? dan Apa yg kita dapat Sesudah Mngikuti SPM Level II ??
    apa kita udah bisa langsung terjun Ke BEI? atau kita bsa langsung main Diluar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesudah ikut SPM 2, masnya bisa langsung praktik jual beli saham. karena mas sudah punya rekening saham ketika ikut SPM 2.

      untuk pertanyaan kedua, jual beli saham skrg bisa lwt online mas. jadi ga perlu dateng ke bursa langsung

      Hapus
  6. Maap nih mas, setelah belajar saham lev 1 ini? Apakah tabungan bisa bertambah gitu? Hehehe
    Terus, keuntungan kedepan nya gimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung mas, kalo saham yg mas naik ya tabungan mas juga naik. keuntungan di saham itu ga pasti mas. karna harga saham juga gaada yg tau ke depannya seperti apa

      tapi bukan berarti ga bisa di prediksi, karena ada banyak metode untuk menghitung harga wajar saham yg bisa dipelajarin di SPM 2 atau di tempat2 lainnya mas

      Hapus
  7. hallo mas felix saya udah ikutan pasar modal dan udah aktiv juga rekening saham saya,, lumayan banget ya,,, saya beli saham bluechip di waktu trnd bearish saat ini,, modal 10 jt hehe dlm itungan hari keluarmasuk market dapet 2 jt hehehe,, terus beli lagi saham kalbe setlement lagi dapet 700 rb ,, klo yg saham jsmr aku kumpulin aza dulu biar banyak juga saham waskita,,, for long term lagi turun terus itu waskita,, tapi kan klo long term bisa terapin avarage down,,,kan nanti dapet dividennya, makin turun harga kan yield nya makin gede, apalagi klo dividennya makin gede juga hehe jng pernah takut klo saham hrg turun asal saham dari prusahaan yg kinerja nya bonafid, bukan begitu mas felix ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu kata ketika membaca kalimat awal Anda "WAW". saya akui Anda cukup berani utk masuk ke market terutama saham2 yg menjadi penggerak market itu sendiri. karena spt yg sdh anda bilang, trennya sedang bearish.

      but, tidak selamanya tren bearish ini jelek. asal kita bisa masuk di harga yg kira2 sudah "oversold" dan punya kesempatan rebound, maka itulah peluangnya. intinya, semakin cepat pasar turun atau anjlok, akan semakin bagus dibandingkan dengan jatuh yg perlahan-lahan yg membuat kita kesulitan mencari saham apa yg akan rebound nantinya.

      cuan dari Kalbe Farma, Anda masuk sekitar 2 atau 3 hari yg lalu bukan? inflow asing cukup masif pada 2 hari perdagangan.

      Utk urusan long term, jika Anda punya banyak amunisi utk avg down tidak masalah. namun, make sure harus disiplin dalam menerapkan trading plan kita. punya range berapa harus stop loss atau berapa untuk TP. main cepat mungkin bisa jadi pilihan, sama seperti yg sudah Anda lakukan dengan mendapatkan profit 2.7 jt.

      intinya kembali lagi kepada masing-masing kita mau menerapkan strategi spt apa. long or short, saham blue chip or third liner, semua ada risiko dan rewardnya masing2.

      so, pelajari karakteristik trading diri sendiri utk bertransaksi di pasar modal. yg penting cuan

      Hapus